Tentang Fosif

Logo Fosif
        Forum Studi Islam Fisika (Fosif ) merupakan Lembaga Dakwah Jurusan yang berada di Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITS. Anggota Fosif terdiri atas seluruh mahasiswa muslim Jurusan Fisika ITS dibawah pembinaan Ketua Jurusan Fisika ITS. Organisasi ini bergerak di bidang syiar dan dakwah Islam.Visi dari Fosif adalah terbentuknya masyarakat kampus bercirikan akidah Islam, akhlakul karimah, dan intelektualitas menuju generasi rabbani.


        Fosif didirikan oleh Triwikantoro, ketika menjabat sebagai ketua Himpunan Mahasiswa Fisika (Himasika) ITS pada tahun 1988. Tujuan awal didirikannya Fosif adalah untuk mewadahi para mahasiswa Fisika yang ingin mengkaji fenomena fisika dari sudut pandang Islam. Selain itu Fosif juga diharapkan menjadi lembaga yang mampu membina mahasiswa Fisika agar memilki kepribadian seorang muslim.

        Fosif menjalankan perannya sebagai lembaga dakwah melalui bermacam program dakwah yang disesuaikan dengan kondisi objek dakwah. Program dakwah Fosif antara lain Kajian Untuk Umum (Kuantum), Mentoring Cup, Studi Intensif Islam Kaffah (Siiffah), Safari LDJ, dan lain-lain. Adapun objek dakwah Fosif adalah civitas akademika Fisika ITS; yaitu mahasiswa, dosen, serta karyawan.
      


              Bentuk dari lambang Fosif adalah tetesan air yang di dalamnya terdapat tulisan Fosif, di mana bagian luarnya bertuliskan "Forum Studi Islam Fisika ITS" menunjukkan nama lembaga.

Arti lambang:
a. Tetesan air melambangkan sumber dari kehidupan
b. Kata Fosif merupakan nama lembaga
c. Huruf S di tengah kata Fosif melambangkan cahaya yang selalu berkeinginan menjadikan Fosif sebagai wadah mengembangkan aktivitas dakwah dan syi'ar Islam, bagi mahasiswa Fisika khususnya, berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah.

d. Gambar kubah (yang terletak di atas I) merupakan identitas LDJ ini berperan aktif dalan pergerakan islam.